Klik disini peserta mata kuliah Classroom Management




HARAP DISARING KEMBALI SEMUA INFORMASI DALAM BLOG INI
1.PROFILKU,2.EBOOKS, 3.PENGANTAR KOLOM INFO MGMP, 4.SOFTWARE ENG LEARNING, 5.CARA MERANGKING SISWA, 6. KAMUS ALQUR'AN, 7.VIDEO LEARNING, 8. JENIS TEKS, 9. CLASSROOM ACTION RESEARCH 10. PENGANTAR KOLOM INFO S2 UNY 11. ABSEN KELAS 12. JADWAL KULIAH S2 13. INFO BUKU S2 14. INFO TELPON KAWAN S2 UNY 15. PEMBAGIAN TUGAS PSIKOLINGUISTIK 16. PEMBAGIAN TUGAS PEMROLEHAN BAHASA 17. PENGUMUMAN TURUN KULIAH SETELAH BENCANA MERAPI 18. PENGANTAR TUGAS KULIAH 19. BESARAN SAMPEL 20. UJI NORMALITAS DATA 1 21. UJI NORMALITAS DATA 2 22. BAHAN PAK TOU KE-1 23.TEKS PAK TOU PERKELOMPOK 24.BAHAN PAK TOU KE-2 25.TUGAS TAMBAHAN PSIKOLINGUISTIK 26.TUTORIAL SPSS 27.PARADIGMA KONSTRUKTIVISME 28. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 29. PINDAH JAM MATA KULIAH PEMEROLEHAN DAN PENDIDIKAN BAHASA 29. KINDS OF MOTIVATION ON SECOND AND FOREIGN LANGUAGE 30.PEMBAGIAN KEL GENAP PSIKOLINGUISTIK 31.PRESENTASI KEL 1 BU ITADZ

Kamis, 05 April 2012

Fungsi Pengajar

Pengajar baik itu guru lebih lebih dosen memiliki peran yang amat sentral dalam mendewasakan peserta didiknya baik dari aspek dewasa kognitifnya atau dewasa afektifnya. Dewasa kognitif lebih mengarah dari yang belum tahu menjadi tahu sedangkan dewasa afektif dari yang belum baik tingkah lakunya menjadi baik tingkah lakunya.
Pengajar dapat memilih peran sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. Sebagai contoh, untuk siswa SD guru dapat memainkan peran seniman, model, dan satu satunya sumber informasi yang dapat langsung di serap oleh siswa tanpa melakukan filter modal kognitifnya, sebaliknya untuk siswa SMP, SMA, apalagi Mahasiswa, pengajar dengan tantangan arus informasi seperti sekarang ini lebih disarankan memainkan peran fasilitator dimana mereka sebagai teman belajar. Peserta didik hendaknya juga mendukung peran pengajar sebagai teman belajar sehingga optimalisasi kedua aspek semakin ideal.
Dengan alasan itulah Bapa mencoba memerankan peran teman belajar. Salah satu keuntungan dari peran ini adalah peserta didik akan mengarah kepada apa yang disebut dengan autonomous learner. Dia akan menysusun strategi belajarnya sendiri, sesuai seleranya, tidak tertekan, dan juga tidak kalah pentingnya, terbukanya jaringan syaraf kognitif pada otak.

1 komentar:

  1. jadiiii,,,kalau guru atau dosen itu sebagai teman belajar,apa setiap permasalahan kami,,kami pecahkan sendiri???
    lalu peran guru atau dosen sebagai teman belajar itu sendiri,,seperti apa???

    BalasHapus